Misa Inkulturasi IMLEK, Paroki Santo Barnabas Pamulang




(2013-02-10) Misa Inkulturasi IMLEK, Paroki Santo Barnabas Pamulang


Merah dan meriah ,,,,, itulah kesan yang didapat selama mengikuti Misa Inkulturasi – Paroki Santo Barnabas Pamulang hari ini 10 Pebruari 2013 bertepatan dengan Tahun Baru IMLEK.
Apakah inkulturasi itu sendiri ?
Inkulturasi adalah sebuah istilah yang digunakan di dalam paham Kristiani, terutama dalam Gereja Katolik Roma, yang merujuk pada adaptasi dari ajaran-ajaran Gereja pada saat diajukan pada kebudayaan-kebudayaan non-Kristiani, dan untuk memengaruhi kebudayaan-kebudayaan tersebut pada evolusi ajaran-ajaran gereja. (Disadur dari Wilkipedia)
Jadi dalam Misa Inkulturasi ini beberapa simbolis – lagu-lagu – seragam berkebudayaan Tiongkok menghiasi sepanjang misa ini.
Gereja Katholik Indonesia sebagai bagian dari masyarakat Indonesia telah giat melaksanakan Misa Inkulturasi ini sejak pertama kali Pemerintah (dalam hal ini sejak kepemimpinan Gus Dur) menetapkan Budaya Tiongkok sebagai bagian yang memperkaya Budaya Indonesia. Hal ini semakin dipertegas Tahun Baru IMLEK sebagai hari libur nasional di Indonesia.




















Semoga dengan diakui hak-hak warga keturunan tersebut dan tersosialisasinya dengan berkesinambungan Misa Inkulturasi ini akan semakin meningkatkan iman warga keturunan.
Gong Xi Fat Chai

Source :  http://victografer-victografer.blogspot.com

Post a Comment

Previous Post Next Post